Jepun

Bila kita berbicara mengenai bunga maka kata yang muncul mengikutinya adalah wanita, memang sih bunga selalu diidentikkan dengan wanita, walaupun tidak semua wanita suka bunga. Pada tulisan singkat ini saya tidak akan bercerita tentang wanita namun sedikit bercerita tentang bunga kamboja atau sering disebut jepun.

Bunga jepun (lebih akrab kalo disebut jepun ketimbang kamboja, Red.) hmm..tentunya kata jepun ini tidak asing di pendengaran kita. Bunga yang memiliki begitu banyak jenis dan aromanya yang wangi, membuat bunga jepun menjadi primadona diantara bunga lainnya. Saya baru sadar ternyata ada 4 jenis bunga jepun di pekarangan saya, dan 2 di rumah tetangga. Banyangkan itu baru hanya di areal pekarangan rumah saya, apalagi di luar sana, hmm..pastilah ada berpuluh-puluh jenis bahkan mungkin beratus-ratus jenis dari bunga jepun ini.

Bunga jepun memiliki nama ilmiah Nerium oleander  L, di bawah ini beberapa jenis bunga jepun yang ada di sekitar pekarangan rumah saya.

Jepun Jepang, begitulah panggilannya, bunga sedikit berbeda dengan jenis jepun lainnya, bentuk bunganya berbentuk corong dan berwarna sangat indah, hanya saja tidak berbau wangi. Sekarang ini jenis jepun jepang ini laris manis dibudidayakan sebagai tanaman bonsai.

 

Jepun merah biasa, kata “biasa” disini saya pakai hanya untuk mempermudah penyebutan saja dan membedakan dengan jepun yang berwarna merah lainnya. Mungkin jepun jenis ini yang paling banyak dijumpai di sekitar kita, selain warnanya yang menarik aroma nya juga khas, sehingga sering dipakai untuk sarana persembahyangan.

 

Jepun putih biasa, kalau di daerah jawa jepun ini sering kita jumpai di pekuburan, namun kalau di Bali bunga jepun putih biasa ini banyak sekali di jumpai di areal pura dan puri. Jepun putih biasa ini memliki batang yang sangat besar dan bahkan saat ini sangat digemari karena batang pohon bunga jepun ini, bila sudah cukup berumur maka batangnya memberikan kesan artistik sehinga sering dipakai tanaman hias di hotel atau villa.

 

Jepun Cendana, memiliki bau wangi yang paling keras diantara semua jenis jepun. Sempat suatu malam saya lewat dipekarangan rumah merinding, karena wanginya memberikan kesan mistik. Bunga jepun cendana sangat sering mengiasi sarana persembahyangan karena aromanya dan juga warnanya yang indah.

 

Jepun merah tebal, kata tebal disini mecirikan kelopak jepun merah ini yang cukup tebal bila dibandingkan dengan jeapun yang lain, disamping peralihan warna merah dan kuning pada bunga ini yang begitu kuat, sehingga jepun merah tebal ini terkesan lebih elegan dibandingkan dengan jepun yang lain.

 

Jepun merah, bentuk kelopak bunga yang sedikit menjulur dan tipis membuat bunga jepun ini digemari sebagai tanaman hias yang sangat indah. Keberadaan jepun merah ini sudah mulai langka, mungkin harus mulai dilestarikan dari sekarang.

 

Jepun putih, warna nya nya yang begitu putih dan beraroma wangi membuat jepun ini sering dipakai sebagai hiasan di beberapa sarana upacara keagamaan dan bunga jepun putih ini sering dipakaikan di rambut penari Bali.

 

Sebenarnya masih banyak lagi jenis jepun yang ada, ini hanya beberapa saja yang kebetulan saya jumpai di pekarangan rumah saya.

Terima kasih.

About these ads
By SIge Posted in Umum

12 comments on “Jepun

  1. iyah, di bali banyak banget kamboja. ga cuma yg warnanya putih…
    kalo yg kamboja putih biasa emang biasanya d kuburan. d jawa juga gitu…

    btw, kenapa tiba2 ngomongin kembang?
    * ehem ehem *

    Sige said
    hehe.ada pipit. Gapapa ko cuma kebetulan di depan rumah berhamburan bunga jepun/kamboja, kasian kalo gag diabadikan.

  2. Kamboja yang dibilang dikuburan itu rasanya bunganya yang besar2, bukan yang seperti gambar diatas.
    Oh iya, ngemeng-ngemeng, mengapa ya di Jawa bunga kamboja itu ditanam di kuburuan sehingga identik dengan bunganya kuburan?

    Sige said
    Bukan dewa, jepun yang sering saya lihat di pekuburan Jawa waktu perjalanan ke Malang adalah jepun putih biasa, bunganya kecil-kecil. Kalo mengapa ditanam di kuburan saya kurang begitu tahu, kalo asumsi saya bunga kamboja sangat indah dan berbau wangi. Apa hubungannya dengan kuburan? Menurut pemahaman saya, kuburan di Jawa adalah tempat ‘peristirahatan terakhir’ manusia, mengapa karena mayat dikebumikan ditanam di kuburan, nah supaya kuburan tidak terlalu seram maka ditanamlah bunga yang indah dan wangi (jepun/kamboja), begitu kira-kira.

  3. Ce ileh..abis beli camera baru langsung motret2 bunga—-tetap semangat !!!!!

    Sige said,
    Wah, jangan buka rahasia om. Ssttt.

  4. Suksma bli Gede antu komentar ragane ring blog titiange.
    Liang manah titiange nyingak tulisan bli Gede indik jepun puniki. Iriki ring Bandung titiang madue masi jepun, kewanten wantah jepun Cendana sareng jepun Barak biasa. Pacang sambung titiang makekalih, mangda rame sekar nyane.
    Lianan saking jepun, titiang masi seneng miara Pucuk (kembang sepatu). Becik sekar ne, utaminyane Pucuk Arjuna.
    Punika kemanten komentar titiange, suksme malih pisan.

    Sige said,
    Suksma mawali bli Dewa108.

  5. keren bgt blogny…
    kebetulan cha jg pencinta bunga jepun.
    slain bunganya bgus baunya jg harum.
    and banyak jenisnya…
    mari tingkatkan produsi bunga jepun.
    cayo……
    hidup jepun….

    Sige said
    Tnx Ocha, hayo nge-blog, buruan.Jepun memang bunga yang indah.
    Hidup jepun.hehe.

  6. baru tau lho klo bunga kamboja/jepun banyak jenisnya…ada denger klo bunga ini juga bisa dijadikan obat nyamuk alami seperti sirih atau geranium, bener g?

    Sige said
    Sama buk, saya juga baru nyadar bunga kamboja/jepun ternyata banyak jenisnya sesudah saya foto. Hmm, kalo sebagai obat nyamuk..kurang begitu tau yah, btw kalo nyamuk diobati ntr nyamuk nya pada sehat.wakaka. Kalo dipakai dupa sering buk.

  7. compositionnya uda apik cuman nurhadi kayaknya perlu nambah sedikit eksposure jadi bunganya ga keliatan tenggelam
    btw kapan kita repleksi2an nee?? uda terapis skg neee wakakaka

    Sige said
    Oh gitu bli yah,hmmm.okok. Kalo urusan reflexi2an kapan aja ok Bli, bli atur waktunya dah. Oh kalo masalah praktek, semua orang di rumah menjadi pasien, dan hasil sangat memuaskan, gag rugi kita belajar Bli

  8. waduh demam foto -foto nih ya.. mentang mentang baru beli kamera.. he.. Terimakasih atas pijat refleksi kemarin malam yaw.. badan terasa seger nih baru bangun..

    Sige said
    Oh gag juga bro, ane dari dulu suka pret-pret,hehe. Oh sama bro, badan ane juga sueger besok nya, atau mungkin karena mangga nya yah?..wakakaka..

  9. halo juga… wah phonto bunga jepunnya jauh lebih keren nih…

    Sige said
    Putu halo juga, keren dari hongkong..wakaka..cuma sedikit lebih banyak aja koleksinya..tnx udah mampir.

  10. Bli bner gak harga bunga jepun yg sudah berbatang besar harganya bisa 3 jutaan lebih?saya punya banyak dirumah!

    Sige said
    Alo Nova, hmmm Bli ndak begitu tau sih harga jual tanaman jepun, tapi biasanya yang batangnya besar dan bentuknya nya unik memang harganya mahal, lihat saja di seputaran jalan kerobokan menuju arah ke seminyak, banyak banget yang menjual pohon jepun yang sudah jadi.

    Wah kalo Nova ada banyak, minta dung…hehe

    Trims kunjungannya.

  11. Jepun yang disebut jepun jepang mempunyai nama ilmiah Adenium obesum, sedangkan jepun yang disebut jepun merah biasa, jepun putih biasa, jepun cendana, jepun merah tebal, dan jepun merah semuanya mempunyai nama ilmiah Plumeria rubra. Jepun putih yang disebut terakhir mempunyai nama ilmiah Plumeria obtusa. Nerium oleander bukan merupakan nama ilmiah jepun manapun, melainkan nama jenis tumbuhan lain, yaitu oleander, yang di Bali disebut bunga kenyeri (http://tumbuhanbali.blogspot.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s