Prosedur membuat duplikasi STNK

Ketidakhati-hatian selalu membawa konsekuensi yang tidak mudah apalagi waktu dan uang menjadi taruhannya, sudah barang tentu akan banyak menyita perhatian kita.

Seperti yang saya alami beberapa hari ini, saya telah kehilangan STNK motor kesayangan. Benar-benar saya tidak bisa mengingat sedikit pun dimana keberadaannya, bahkan untuk mengira-ngira apakah STNK itu ada di rumah atau terjatuh di jalan sungguh saya tidak bisa mengingatnya.

Dari pada berlama-lama tidak membawa STNK, saya akhirnya memutuskan untuk membuat duplikasinya. Namun tidak segampang dan sesimple yang saya pikirkan.

Nah pada kesempatan ini saya hendak berbagi dengan para kawan semua tentang bagaimana cara membuat duplikasi STNK dan apa saja yang harus disiapkan.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat laporan kehilangan di kantor kepolisian. Namun sebelumnya ada beberapa kelengkapan yang harus disiapkan diantaranya.

  1. BPKB asli dan kopiannya 2 lembar
  2. Kopian tanda pengenal [KTP/SIM] 2 lembar
  3. Bukti cek fisik dari kantor samsat 2 lembar [dikenakan biaya sebesar Rp.10.000,]

Setelah semua persyaratannya dilengkapi barulah kemudian melaporkan prihal kehilangan tersebut ke kantor kepolisian.

Pada saat anda dibuatkan laporan kehilangan tersebut [berdasarkan pengalaman saya], ada saja calo yang menawarkan kemudahan untuk menyelesaikan pembuatan duplikas STNK bahkan itu dari oknum polisi. Bila anda sibuk dan menyukai jalan pintas yang cepat, mungkin menggunakan bantuan calo bisa menjadi pilihan tapi jangan salah selalu ada harga yang harus ada bayar untuk itu.Karena kebetulan saya cuti panjang jadi saya memutuskan menyelesaikannya sendiri.

Nah dari laporan tersebut kita akan mendapatkan surat rekomendasi dari kepolisan yang juga dilampirkan bersama kopian BPKB, SIM/KTP,bukti cek fisik kendararaan [no rangka dan mesin] dan lampiran tentang laporan kehilangan [yang hanya berlaku sebulan dari waktu dibuatnya].

Untuk sementara waktu berkas-berkas inilah yang kita gunakan sebagai pengganti STNK. Untuk menerbitkan berkas ini ada biayanya yaitu Rp. 15.000 dan jangan lupa buatlah kopian dari surat-surat tersebut karena surat rekomendasi beserta beberapa berkas yang menyertainya untuk selanjutnya akan kita bawa ke kantor samsat pusat di Renon [khusus untuk Denpasar, Bali].

Selanjutnya proses yang harus kita lalui adalah pembuatan duplikasi di STNK di kantor samsat pusat.

Sama halnya ketika kita membuat laporan kehilangan di kepolisian maka ada beberapa syarat yang harus kita siapkan diantaranya.

  1. Bukti cek fisik motor [ini untuk kedua kalinya kita membuat bukti cek fisik], kalau cek fisik di kantor samsat pusat hanya dikenakan biaya Rp. 5.000
  2. Legas [bukti pajak], dikenakan biaya Rp 10.000
  3. Kopian KTP dan BPKB [buatlah masing-masing 2 lembar]
  4. Surat pernyataan kuasa bermaterai 3 ribu. Surat ini hanya digunakan bila kendaraan yang hendak di buatkan STNK bukan milik anda, biasanya digunakan oleh calo. Untuk mendapatkan surat kuasa tersebut anda cukup membelinya di koperasi di areal kantor samsat. Bila ada sebagai pemilik sah kendaraan tersebut maka cukup disiakan selembar materai 3 ribu.
  5. Rekomendasi dan surat kehilangan dari kepolisian.

Sedikit catatan, untuk mendapat kan bukti cek fisik, legas [bukti pajak], surat pernyataan serta materai bisa kita peroleh semua di kantor samsat pusat, hanya saja letaknya berbeda-beda, jadi saran saya bertanyalah pada bagian informasi dan catat dimana letak tempat-tempat yang dimaksud.

Setelah semua kelengkapan sudah disiapkan maka selanjutnya kita menuju ke bagian duplikat SNTK di lantai 2 di kantor samsat pusat.

Pada saat penyerahan berkas-berkas tersebut bila anda pemilik sah kendaraan tersebut maka petugas akan memberikan selembar surat pernyataan tentang kepemilikan kendaraan serta bermateraikan Rp. 3.000.

Bila semua kelengkapan sudah ada semua maka anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 60.000 dan akan ada pengesahan pada kopian surat rekomendasi dari kepolisian bahwa pembuatan duplikasi SNTK sedang dalam proses. STNK duplikat akan dikeluarkan dalam jangka waktu 2 hari.

Yah demikianlah pengalaman saya dalam membuat duplikasi STNK motor kesayangan saya, cukup panjang juga birokrasinya. Bila dikalkulasi waktunya maka paling tidak 3 hari waktu akan tersita dan untuk biaya tak lebih dari Rp.150.000.

Nah sekarang dengan mengetahui prosedurnya telah terbuka peluang untuk menekuni profesi menjadi calo..hehe..paling sedikit Rp.300.000 dapatlah, diluar kewajiban yang harus dibayarkan pemohon.

Sekian,
terima kasih.

About these ads
By SIge Posted in Umum

11 comments on “Prosedur membuat duplikasi STNK

  1. wow keren.. bener2 expert…
    so, bisa nitip gak bli ngurusin stnk saya?

    Sige said
    Alo bro, tnx kunjungannya..
    Oh bisa aja bro, yang penting adminstrasinya lengkap..no problem

    Trims

  2. Pak de gak ada disuruh buat pengumuman kehilangan di koran ato radio ya, setahuku sh ada. Tp gak tau juga ya mungkin peraturannya udah berubah kali ya.

    Sige said
    Hai hai bos Alex…trims udah mampir.

    Iya bisa juga sih disiarin di koran ama radio, cuma berhubung cuma STNK aja jadi tak kelarin sendiri aja, dari pada lama.

    Wah ada blog juga yah, saya mampir ntr yah..

    Trims

  3. bagus, bagus, bagus….mungkin ini sebenarnya menjadi impian setiap orang, mengurus segala sesuatu sebaiknya diurus sendiri tanpa selalu minta bantuan sama orang lain selama waktu memang memungkinkan dan bisa dilakukan sendiri, sehingga kita bisa tahu seluk beluk dari proses tersebut dan menjadikan suatu pengalaman yang sangat berharga…..good luck and succes

    Sige said
    Alow Bos..tnx advice nya, mungkin kita bisa buka jasa di rumah..Melayani SIM, STNK, Dll..
    Prospek masih ada kayaknya..hahaha

  4. hem, kalo gak pake calo, ribet yah..

    Sige said
    Halo Rossa, hmmm..ho oh rada ribet juga..klo ada waktu mending urus sendiri aja, asal mau sabar aja..
    Tnx

  5. moshi moshi lama gak komen nih? hee apa emang sengaja dibikin ribet ya.. biar ada lahan subur untuk para calo.. atau emang birokrasinya tidak bisa di singkat ya???

    TANYAKAN KENAPA?????

    Sige said
    Alow bro dewa, long time no see..hehe
    Dibikin ribet? birokrasi dibikin singkat?
    Birokrasi ribet dan emang ndak bisa di bikin singkat itu sudah pasti.
    Tnx bro.

  6. Pak, saya baru beli motor, kenapa lama sekali buat stnk-nya…..? ada apa emangnya Pak,,,? kenapa lambat sekali pelayannya…?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s