Edisi memasang kamera parkir

Karena pekan ini sangat padat, super padat akhirnya bahan terakhir yang dibeli kudu memanfaatkan pak Gojek untuk mendapatkan double tape 3M. Dan lengkaplah sudah, hayoo di gas…


Menyenangkan rasanya Siyon dapat kembali mendentumkan Black Pink, haha. Pasca speaker aktif jebol dan suara bassnya kaco. Dan sungguh kebetulan mendapat hibahan jok paten, box sub, headrest monitor hingga handrest. Benar-benar luar biasa koceknya dirogoh. Makasi Um Adam.

Setelah konsul dengan mastah Bli Yande, akhirnya tereksekusi power amp 4 channel, sub JBL 12in, dan re install 2 speaker coax dan twitter plus xovernya. Speaker bawaan di pintu penumpang juga tetap difungsikan. Sangat-sangat melebihi untuk ukuran dipakai harian. Yang terpenting ga kekurangan bass. Hihi.

Eh, tapi postingan kali ini tidak akan membahas modif kelas ecek-ecek seperti di atas yang, akan tetapi saya akan mencoba berbagi cara memasang kamera parkir pada Daihatsu Sirion. Terdengar mudah bukan, tapi kenyataannya, hahaha…perlu dicoba dulu.

Okay, pertama-tama kita siapkan alat dan bahannya.

  • Set kamera parkir yang saya beli murah saja 175rb.
  • Double tape 3M yang warna coklat
  • Obeng kembang dan pipih
  • Isolasi
  • Kabel ties ukuran yang paling kecil
  • Kabel tambahan, cari saja yang kecil yang single.
  • Cutter dan Gunting.
  • Head unit dengan fitur video dan rear cam. HU saya merk Pioneer.

Okay, kita akan mulai dengan paket kamera dan kabel-kabelnya.

  1. Kamera akan memiliki 2 input jack, power dan video.
  2. Socket power, dengan kabel merah dan hitam.
  3. Extension jack video HU ke kamera, male – male dengan built kabel power di setiap ujung jacknha.

Berikut penampakkannya.

Dan berikut skema perkabelannya. Kalau dibahasakan,

  • Power dari kamera akan mengambil listrik dari lampu mundur, dari lampu mundur ambil + nya dan sambungkan ke kabel merah pada socket power yang berwarna merah. Dan juga sambungkan dengan kabel power pada jack extension video. Untuk kabel hitam dari socket power adalah kabel ground.
  • Pada sisi lainnya di jack extension video ke HU dan kabel merahnya di sambung pada kabel reverse yang sudah ada pada headunit.

Bila sudah paham skema perkabelannya, sekarang kita lanjut ke installasinya.

  1. Buka penutup pintu bagasi, posisikan kamera pada tempat yang pas dan bisa menjangkau pandangan belakang mobil. Ketika pemasangan kamera, kabel dari kamera memerlukan celah yang cukup agar bisa masuk ke balik pintu bagasi.
  2. Buka lampu belakang, ambil arus + dari lampu mundur dan sambungkan ke kabel yang merangah ke kamera seperti skema diatas. Kabel ground warna hitam pada socket power ditempelkan pada bagian pintu bagasi. Menarik kabel dari lampu mundur dan memasukan ke pintu bagasi lumyan menantang, kita perlu kawat untuk mengarahkan kabel ke celah pintu bagasi.
  3. Setelah kamera pada posisinya dan kabel power ke kamera sudah terpasang maka selanjutknya kita akan menarik kabel dengan jack video dari pintu bagasi ke headunit di dashboard. Kabel bisa di posisikan pada sisi atas pilah sisin kanan. Tinggal melepas seal dan menyelipkan kabel. Di tarik hingga ke pilar dashboard.
  4. Nah, bila kabel sudh sampai pada pilar dasboard maka pekerjaan kita sudah hampir selesai, hampir.
  5. Pada bagian dashboard, kita buka frame headunit sebelum melepaskan headunit. Pada Daihatsu Sirion, beberapa panel di bawah headunit perlu di lepas terlebih dahulu sebelum melepas frame.
  6. Pada bagian belakang head unit colokan jack video pada socketnya dan sambung kabel powernya pada kabel reverse head unit.
  7. Semua sudah tersambung, dan kembalikan posisi pada posisi semula, dan selesai sudah installasi kamera parkir. Tinggal test.

Okay mari kita test, nyalakan mesin dan pastikan mode headunit untuk rear cam sudah terdeteksi. Dan coba pindah persneling dan yipieeee, kamera belakang menampilkan sisi belakang mobil dengan sempurna.

Peluh bercucuran, kepala pening dan perut lapar. Tidak disangka 2 jam habis untuk installasi kamera parkir. Yah semisal teman-teman Blogger hendak memasang kamera parkir bisa kontak-kontak say sambil ngopi. Hehe,

Yak segitu saja dulu edisi share kali ini, semoga ada maanfaatnya.

3 thoughts on “Edisi memasang kamera parkir

  1. Mantap sekali bosque, bisa pasang sendiri. Saya sejak awal ambil terios second, maunya pasang kamera mundur, tapi ndam jadi2 juga sampai sekarang. Kayaknya cukup dari sensor mundur saja deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *