KARMA

Berbicara mengenai karma maka kita akan membuka perlahan tabir kehidupan.
In my opinion karma (perbuatan/sebab) selalu akan diikuti oleh phala (hasil perbuatan/akibat). Dalam suatu kepercayaan/agama, karma phala disebut sebagai suatu hukum alam,hukum yang sudah ditetapkan oleh Tuhan dan berlaku secara universal untuk semua ciptaanNya. Hukum karma phala ini lah yang menjadi dasar punarbhawa/reinkarnasi kehidupan.

Sehingga case yang seperti apapun (ketimpangan dalam lintas kehidupan) akan selalu bisa terjawab bila hukum karma phala dan reinkarnasi itu sejalan.
Dalam pemahaman saya, mengapa ada istilah dosa, itu tak lain adalah salah satu pengungkapan bawasan hukum karma phala itu pasti akan berlaku, karena dosa sendiri adalah suatu konsekuansi atas suatu, apakah itu berupa pelanggaran maupun sesuatu yang dikatakan ketidakbenaran. Sehingga satu jawaban besar mengapa manusia terlahir akan menjumpai jawaban,yaitu memperbaiki karma.

Dan kembali akan muncul pertanyaan,bagaimana cara kita memperbaiki karma?, jawaban nya hayalah dengan melaksanakan tata laku ato lelaku, baik yang bersumber dari agama maupun ajaran-ajaran dari leluhur kita terdahulu,yang kita yakini dapat menghantarkan kita pada kesempurnaan hidup dengan memperbaiki karma.

In my opinion, alasan dan sebuah tujuan biasanya tidak akan berbeda jauh. Dan pada akhirnya semuanya alasan pun akan bermuara pada sebuah tujuan yaitu tujuan hidup/kehidupan. Maka istilah-istilah “sangkan paraning dumadi”,”manunggaling kawula lan gusti”,”moksa” akan sangat familiar bagi mereka-mereka yang akan,sedang maupun sudah memahami tujuan hidupNya. Sehingga “karma” adalah titik pangkal yang sangat baik untuk bisa memahami tujuan hidup manusia.

2 thoughts on “KARMA

  1. bli sige….tu tanaman apa namanya yang dibeli ma bapaknya???kayaknya unik…bole jg tu buat nambah koleksi taneman hias ajikku dirumah…hehehe..

    kl bisa kasi info sering2 dah soal ky beginian, biar duniai ni semarak dengan taneman n bunga2 yang indah…….cie…….(serius ne)!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *