Kembali ‘waras’ dan terus berkarya

Setelah menjalankan kewajiban sebagai warga negera yang baik pada tanggal 17 Aprill 2019 kemarin dimana saya telah menggunakan hak memilih saya pada TPS yang telah ditentukan. Perasaan bangga dan senang menjadi bagian dari penentu 5 tahun bangsa kita pada pemilihan presiden Indonesia periode 2019-2024.

Yah sebagai warga negara yang baik, tentu saja banyak harapan-harapan untuk pemimpin bangsa Indonesia yang terpilih. Apa yang sudah menjadi karya presiden yang sekarang Bapak Jokowi, tentu saja merupakan capaian yang sangat luar biasa. Saya merasakan dan melihat bahwa dibawah kepemimpinan Bapak Jokowi bangsa kita punya harapan, pembangunan terus berlanjut dan tidak sedikit hasil pemikiran dan rencana-rencana dari presiden sebelumnya dituntaskan pada masa kemimpinan 5 tahun Bapak Jokowi.

Banyak juga fenomena polarisasi politik berimbas di masyarakat kita, peperangan antara kubu yang berseberangan haluan politik dan pilihan selalu menjadi totonan yang membosankan. Berita-berita hoax, seruan-seruan kebencian serta saling menjatuhkan lawan politik tidak hanya dilakukan oleh politikus namun juga masyarakat umum yang masih saya kira ‘gagap’ dengan Internet.

Yah sudahlah, saya tidak ingin menjadi bagian dari polarisasi tersebut. Semoga saja setelah pesta ‘tinta’ yang sangat meriah ini kembali menyadarkan kita bahwa siapapun yang terpilih sebagai presiden periode 2019-2024 adalah pilihan rakyat Indonesia dan kita semua.

Yah semoga, kita semua yang terpapar polariasi politik bisa kembali waras dan menyudahi ‘peperangan’ yang terjadi, serta kembali bekerja seperti biasanya. Jadi apapun hasilnya Pilpres 2019, adalah hasil karya kita bersama, kita bangga menjadi bagian dan penentu 5 tahun kedepan.

Akhir kata, mari kita kembali ‘waras’ dan terus berkarya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *