Lebih produktif dengan Google drive

Di era yang serba kekinian serta hampir seluruhnya aktivitas yang biasa dikerjakan di depan komputer ataupun laptop kini bisa di kerjakan dengan mudah via ponsel berbasis Android.

Bila kita perhatikan aktifitas-aktifitas biasa kita lakukan yang tidak telepas dengan namanya word, excel,  .pdf, silde bahkan foto dan video dan tentu saja perlu tempat penyimpanan agar memudahkan data ataupun file tersebut dibawa kemana. Agak ribet memang musti membawa flashdisk kemana-mana dan ancaman virus dan data hilang selalu menjadi kekhawatiran.

Akan tetapi itu dulu, saat ini sudah ada Google Drive, ada juga Dropbox yang menawarkan secara cuma-cuma fasilitas penyimpanan data di server mereka yang bisa kita akses dan gunakan secara gratis, tentu saja dengan batas penyimpanan data yang tidak sedikit.

Bila teman, sahabat ada yang belum terbiasa dengan segala kepraktisan dalam penyimpanan data, sharing data,  serta sinkronisasinya berikut adalah tipsnya, dan tentunya dengan smartphone Android.

Yang perlu disiapkan terlebih dahulu adalah

  1. Koneksi internet
  2. Email menggunakan gmail
  3. Handphone berbasis android

Kemudian install Google drive bila belum terinstall, biasanya applikasi Google drive sudah terinstall saat pembelian handphone. Bila sudah maka anda hanya perlu mengakses Google drive dengan menggunakan email tentu saja gmail. That’s it sangat mudah.

Dan mudahnya lagi kita bisa menambahkan beberapa akun email yang berbeda untuk 1 aplikasi terinstall. Dan selebihnya anda sudah membawa folder penuh data-data pekerjaan anda kemana saja dan siap diakses dari mana saja.

Oops, bagaimana dengan sinkronisasinya ke perangkat yang lain? Sama mudahnya dengan proses diatas, hanya cukup mengakses Google drive via browser dan login dengan email Gmail dan anda sudah bisa mengakses data yang tersimpan dengan menggunakan alamat email tadi.

Bila anda menghendaki folder di komputer langsung terhubung dengan akun Google drive maka caranya mudah, tinggal mendownload aplikasi Google drive dan menginstallnya di komputer anda. Setelah sukses terinstall maka anda akan diminta login dengan email, bila sudah maka folder yang ada di Google drive dengan otomatis akan tersimpan juga di komputer. Bila anda membuat folder atau menambahkan data baru maka otomatis Google drive anda akan memperbahurui data anda online.

Sangat mudah bukan, bila ini membuat pekerjaan kita menjadi semakin mudah mengapa tidak kita manfaatkan untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari. Nah kalo ada komen silahkan corat coret yah..

One thought on “Lebih produktif dengan Google drive

  1. Saya malah jarang memanfaatkannya untuk menyimpan file sehari-hari. Masih menggunakan FD, sementara Drive hanya untuk File yang sedemikian Penting dan harus disimpan dalam jangka lama.
    Misalkan, Foto Mantan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *