Membersihkan broken link dan kenangan masa lalu

Setelah beberapa hari ngepost tentang 10yearchallenge, saya kembali membaca beberapa tulisan yang sudah berumur 10 tahun lebih, serta melirik kembali halaman buku tamu dan halaman blogger link Rumah Kedua.

Ternyata 10 tahun bukan waktu yang singkat, banyak hal terjadi dalam rentang 10 tahun. Banyak temen-temen yang dulu sering saling kunjungi a.k.a blogwalking sekarang sudah tidak aktif dan bahkan menghapus blognya.

Sedih memang, tetapi ngeBlog itu adalah pilihan. Banyak media sosial yang bisa dipakai untuk mengekspresikan diri saat ini, tidak melulu menuliskan dalam kata-kata yang mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang tidak mudah, tidak mudah dalam merangkai kata, memvisualisasikan suasana dalam kata, salah-salah ketik dan sebagainya.

Lebih mudah dan sangat mudah mengekspresikan diri dalam sebuah gambar, jepret, kasi caption, publish, selesai dan berlalu. Ah, sudahlah.

Kembali ke awal, 10 tahun berlalu telah banyak membuat link ke blog teman-teman menjadi broken dan ini tidak baik bagi Rumah Kedua. Broken link ini menjadi penyakit terhadap bagaimana kualitas SEO Rumah Kedua dimata search engine seperti Google. Sehingga kenangan masa lalu terhadap beberapa backlink ke blog temen-temen yang sudah broken harus segera dihapus.

Jadi saya awali dengan melakukan pengecekan berapa banyak broken link di blog dengan menggunakan tools dari web https://www.brokenlinkcheck.com, dan hasilnya fantastis. Saya mendapati 129 broken link. Ampun dah, banyak banget.

Mengetahui jumlahnya sekian banyak untuk mengapus broken link tersebut saya menggunakan plugin Broken Link Checker, tinggal temukan broken linknya dan segera Unlink dari Dashboard.

Setelah saya bersihkan broken link dengan plugin tersebut, dan akhirnya Rumah Kedua bersih dari kenangan masa lalu broken link. Namun tidak semua broken link terhapus dengan plugin ini, beberapa tetap harus saya hapus manual, paling tidak jauh memudahkanlah. Tapi pahit memang, tapi Rumah Kedua harus move on.

Yah segitu saja dahulu postingan kali ini, semoga cara menemukan broken link dan menghapusnya dapat bermanfaat buat rekan-rekan yang masih setia dengan Blognya masing-masing dan memperhatikan kesehatan SEOnya

Terima kasih.

4 thoughts on “Membersihkan broken link dan kenangan masa lalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *