Mencicipi Alibaba cloud

Nah kapan hari adik yang masih berkuliah di IT Udayana sempat menanyakan beberapa hal tentang web hosting, yang mana rencannya akan digunakan me-live kan applikasi boot yang sedang dibangunnya untuk keperluan ujian. Karena keperluannya tidaklah begitu kompleks, hanya perlu xampp server dan phyton environmentnya jadi pilihan diputuskan pada menyewa sebuah instance atau virtual pc berbasis linux di cloud service. Sempat terpikir buat menyewa IP public, karena dirumah banyak PC nganggur yang bisa dijadiin server. Tapi eh kok kayaknya lebih report, ah syudahlah akhirnya pilihan kembali ke awal tadi.

Kembali kepada pilihan cloud service, tentu saja pilihan pertama yang saya tawarkan adalah VPSie, karena pertimbangan saya sudah familiar dan harganya relatif murah. Setelah saya setupkan sebuah instance Ubuntu server, beberapa kendala yang sulit saya pecahkan, hehe. maklum newbie. Ah sudahlah, ganti cloud service saja sudah, cari yang sedikit lebih mahal tapi lebih sedikit kendala, begitu pikir saya. Disitulah saya mulai melirik cloud servicenya Alibaba.

Setelah sign-up dan masuk kehalaman dashboardnya, ternyata mudah untuk menemukan yang saya cari. Tinggal cari instance servicenya atau Elastic Compute service, pilih spec dan lokasi server dan kalkulasi harga sudah ada. Mungkin karena pernah bermain-main di AWS jadinya ndak begitu rumit untuk langsung nge hit untuk kali pertama.

Jadi pilihan spec service yang saya gunakan cukup okelah untuk keperluan tugasnya yaitu


Start – stop instance nya pun sangat mudah, kemudian kembali ke keperluan lainnnya yang perlu di install seperti xampp dan python environmentnya pun tidak ada kendala berarti. Karena saya menggunakan Ubuntu, tutorial bertebaran di inet.

Akhirnya semua checklistnya terpenuhi dan cloud environment ready to use. Berikut adalah beberapa tools dan tutorial yang saya ikuti diantaranya:

Setelah import database dan deployment akhirnya bot nya ready to use. Sekarang tinggal memantau tagihannya, haha.

Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *