Mengganti Aki Honda Vario mudah saja

Akhir pekan ini sungguh luar biasa, eh jadi latah sekarang mengatakan “luar biasa” entah dapat virus dari mana, tapi semakin sering saja menyebut kalimat itu. haha.

Nah, pekan ini setelah terlewati baru saya sadari sangatlah padat. Mulai dari acara ke Pura Tirta Empul, menengok sepupu yang menikah ke Tabanan, belajar kelompok bareng Bro Dewak, hingga service rutin buat si kupi trus di penghujung pekan kopdar dengan teman SIC Dewata. Ada yang tertinggal satu yakni aki si vero yang soak.

Widih, line up kegiatannnya pajang uey. Benar saja, akhirnya aki si vero belum sempat ke ganti di bengkel. Waktu ke bengkel untuk service si kupi udah sempat beli akinya, cuma belum kepasang di bengkel.

Pagi tadi, masih bau iler ingat dengan si vero. Akhirnya ganti aki sendiri dirumah, dan ternyata gag begitu sulit saudara, berikut caranya:

  1. Buka plat, lepaskan 2 mur pengikatnya
  2. Cabut dudukan plat, lepaskan 2 baut pengaitnya
  3. Lepas cover depan, cabut 2 baut pengaitnya
  4. Lepaskan 2 kutub aki, lepas kutub negatif terlebih dahulu warna hitam.
  5. Lepaskan 2 baut pengikat aki
  6. Lakukan pergantian aki ( baut dan mur sudah menjadi 1 paket pembelian aki)
  7. Kemudi pasang kembali semua baut, dudukan, cover dan baut pada tempatnya. (untuk pemasangan kutub aki, maka pasanglah kutub positif (merah) terlebih dahulu)
  8. Kemudian starter dan greeng.

Mudahkan, sudah saya sertakan foto juga diatas jadi mudah untuk diikuti dirumah. Untuk harga aki saya beli dari dealer seharga Rp. 234.000,

Si Vero merupakan nama untuk skutik vario 110cc generasi pertama saya, warnanya biru kombinasi hitam cantik.

Okay segitu aja dulu postingan kali ini, semoga ada maanfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *