Menguatkan dan Meluaskan jangkauan WiFi

“Setelah sedikit memaksa akhirnya pesanan modem dan koneksi internet saya akhirnya datang, yipiee…. Apapun yang baru pasti menyenangkan”

Hari rabu kemarin paket inet dengan Smartfr** saya akhirnya habis, dan sesuai rencana beberapa minggu yang lalu bahwa habisnya paket bulanan ini saya akan menggantung modem ini juga.

Beberapa hal yang membuat saya berfikir untuk mengakhiri langganan provider ini karena ada pembagian waktu untuk bisa mendapat koneksi inet dan ini yang menurut saya kurang begitu mengenakkan. Masak iya mo internetan kudu tengah malam, dan 150k hanya pure dapat 9gb, jadi bulat tekad ganti provider.

Pas banget ada teman yang menawarkan provider baru produk Sampoerna, Net1. Dari perbincangan singkat kami, saya menjadi yakin dan tertarik karena coverage nya cukup dan paketnya pun masih OK.,300k dapet 30gb. Hmm sementara ga bisa komen banyak, jadi coba sajalah.

Cepat punya cerita, modem datang dan salesnya pun sibuk menregistrasikan kartu perdananya, sedikit kendala ketika proses registrasi, tapi syukurlah kelar tidam lebih dari sejam. Total belanjanya hampir 700k, modem plus paket 30gb.

Setelah dicoba dan ternyata eng ing eng, koneksi yang saya dapat kurang lebih sama dengan provider sebelumnya. Bahkan tidak lebih baik bila dibandingkan speed uploadnya yang rata-rata dibawah 1Mbps. Jiahhhh.

Semalaman harus puas dengan speed sebagai berikut.

Akhirnya malam terlewati dengan koneksi baru, tidak begitu puas tapi masih bisa ditorelir dengan nonton Youtube tiada kendala dengan resolusi HD. Dan ketiduran, abis tak lebih dari 4gb. Huasemmm..haha.

Pagi tadi masih penasaran dengan koneksi upload yang tak lebih dari 1Mbps, yang kadang kirim gambar via WA aja munyer-muyer rada lama.

Bonkar kardus eh nemu wifi router. Terpikirlah untuk melengketkan router modem ke tempat tertinggi di rumah, dengan harapan dinding penghalang dapat diminimalisir. Kabel LAN pun kudu order via GoShop, abis 60rebok.

Naik atap masuk plafon rumah..hanya buat narik kabel dari modem router ke akses point.

Oh iya untuk setingan kabel Lan nya, di modem router colokin ke slot Lan dan di akses poin tinggal colokin ke slot WAN. Di dashboard router yang kita gunakan sebagai akses poin juga di set sebagai WAN.

Hasilnya lumayan dan bisa dikatakan signifikan, dan perlu diingat bahwa naik ke atap masuk ke plafon rumah itu amejing buat yang belum atau jarang melakukannya. Ahh pengapp Jendral. Eh, iya ini hasil settingan yang didapat.

See, speed upload sudah tembus 2Mbps jauh sekali dari sebelumnya. Nah segitu dulu yah, semoga ada manfaatnya buat teman-teman pembaca, corat-coret kolom dibawah bila ada komen.

Salam.

2 thoughts on “Menguatkan dan Meluaskan jangkauan WiFi

  1. Tutorialnya lengkap. Saya sempat beli Penguat Sinyal, cuma sampe sekarang blom pernah di Apply. Secara masih nyaman digunakan dari beberapa spot rumah

    • Si Gede Si Gede says:

      Bwakaka..iyap pake penguat sinyal cukup mustinya, ini waktu itu kebelet biar cepet2 aja..makanya dibelain naik atap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *