Menjalankan Katalon test automation melalui Jenkins

Hi, postingan kali ini saya coba menuliskan kembali apa yang sudah sempat saya coba, hehe daripada lupa tanpa jejak sama sekali. Katalon masih menjadi topik yang menarik dan sedang rame-ramenya di obrolin dah bahakan menjadi test automation framework yang di gunakan di banyak perusahaan IT.

Untuk perkenalan pertama dengan Katalon bisa di cek di postingan saya sebelumnya di mengenal Katalon studio dan juga di menjalankan katalon studia via command line

Jenkins sebagai CI tools yang populer di gunakan pada cycle development juga menarik untuk kita kolaborasikan dengan Katalon, jadi untuk postingan kali ini adalah Menjalankan Katalon test melalui Jenkins.

Adapun pre-requsites yang kita perlukan adalah

  1. Katalon Test Suites, karena test akan melalui CLI. Sample pada post ini bisa di clone di https://github.com/GdHadi/KatalonWP.
  2. Jenkins server dan job untuk running Katalon test
  3. Firefox browser untuk running test nya.
  4. Test environment, wordpress login form
  5. 2 machine (1 jenkins server ( host jenkins, dan katalon test), 2 machine development yang saya gunakan untuk membuat test case dari Katalon Studio)

Nah lanjut skenario kita sebagai berikut:

“Jenkins server akan menjalankan  job agar Katalon test mengakses WordPress login, memasukan valid username, kemudian klik tombol lanjutkan, mengisi valid password, lalu klik tombol submit.  dan setelah login akan menlakukan assert dengan memverify avatar icon yang ada di halaman Dashboard”

Kemudia langkah-langkahnya sebagai berikut:

1).Jalankan Jenkins server, karena saya menggunakan dedicated machine untuk Jenkins server, so pastikan Jenkins bisa diakses dari machine lainnya.

2).Buat job untk running Katalon testnya, berikut detail jobnya. Ketika membuat Jenkins job kita nya mengisi Build section, Execute Windows Batch Command

D:

cd D:\katalon\Katalon_Studio_Windows_64-5.2.0.1

katalon -runMode=console -projectPath=”D:\KatalonWP\KatalonWP.prj” -retry=2 -reportFolder=”Reports” -reportFileName=”report” -testSuitePath=”Test Suites/Login scenarios” -executionProfile=”default” -browserType=”Firefox”

Catatan:

Test yang akan di run oleh Jenkins akan running di Jenkins machine, sehingga di Jenkins server perlu ada master Katalon dan juga Firefox browser serta project untuk katalonnya. Nah pada command diatas, sama hal nya dengan kita menjalankan Katalon test via windows cli.  Kita juga akan menggenerate report  dan di tempatkan di Report folder pada Katalon Project. Untuk Katalon testnya bisa di clone dari akun github saya https://github.com/GdHadi/KatalonWP.

3). Pastikan Jenkins server up and running

4). Pada post ini kita akan build manually untuk run Jenkins job, akses Jenkins server dari machine 1 (yang kita pake development)

5). Dan klik Build Now pada KatalonWP job. Catatan: KatalonWP merupakan nama job yang saya buat pada contoh post ini.

6). Bisa di cek di console output untuk memastikan test running.

 

7). Selain melihat test sukses di run dari console output Jenkins, report juga bisa di liat pada folder Report di Katalon project.

Yak segitu aja dulu postingan kali ini, dan berikut rangkumannya:

  1. Jalankan Jenkins server dan running Katalon test via windows comand di Jenkins
  2. Build manually untuk menjalankan Katalon test dari  Jenkins server yang kita remote
  3. Melihat test report dari console dan juga report folder

Okay saya rasa segitu aja dulu, semoga ada manfaatnya dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *