Modifikasi tipis-tipis Honda Beat FI

Membakar bensin sungguh menyenangkan, apalagi rame-rame bersama komunitas, begitu yang biasa saya lakukan bila mengisi waktu bersama klub SIC Dewata. Suara rakom bersahut-sahutan, tidak melulu informasi tentang lalin ketika perjalanan, tapi terkadang banyolan konyol sekedar membuang bosan dan kantuk dalam perjalanan.

Nah itu sepenggal cerita bila touring dengan komunitas, ada kalanya single touring terasa lebih menyenangkan, yah paling tidak menikmati privasi dalam menikmati aspal, hehe. Dulu sering kali saya mengaspal sendiri dengan motor favorit Si Vero alias Vario. Matic Honda bermesin karbu 110cc, sudah cukuplah. Tidak perlu ngebut, tidak perlu ngotot dijalan, yang penting menikmati perjalanan itu saja sudah.

Namun sekarang Si Vero sudah mendapat tugas yang lebih banyak di rumah, dari antar jemput Si Kakek, angkut-angkut air galon dan juga gas buat memasak. Jadi sulit lagi mendapat moment yang pas buat ngeGas bareng.

Tibalah motor Adik harus mangkrak karena sudah punya pengganti  Vespa, maklum kena jaman milenial, haha. Yup, Honda Beat FI 2014 resmi tidak bertuan. Beberapa kali saya bawa jalan, sekedar menemani ke kantor dan balik ke rumah. Impresi mesin karbu berbanding injeksi memang berbeda, Beat lebih “galak” kalo di gas, haha.

Macetnya perjalanan ke kantor akhirnya memaksa saya lebih intens menggunakan KR 2 dibanding KR 4, banyangkan saja jarak tempuh yang seharusnya maksimal 20 – 30 mins menjadi 1 jam an kalo menggunakan mobil. Hadehhh, waktu habis di jalan.

Tiba-tiba Si Beat bocor bannya, cek punya cek sudah waktunya service rutin, setelah lebih dari 3 bulan tidak diservice saat menyandang status tak bertuan. Yak, saya coba merawat Si Beat daripada mangkrak berdebu, dijual juga katanya sayang.

Service cukup banyak pergantian part disamping pergantian rutin semacam oli dan sebagaimnya. Ban belakang yang sudah mulai gundul diganti dengan ban standard namun sudah tubeless. Secara ukuran tetap sama hanya saja tidak ber ban dalam atau istilahnya tubeless. Lampu depan sudah mati, dan akhirnya ganti juga. Setelah mendapat service dan pergantian part kok Si Beat jadi makin asik aja dibejek gasnya. hehe.

Melipir ke toko variasi motor diseputaran Gatsu, dan berujung memboyong karpet, per shock, hand cover, dan be keongl dan, dan box GIVI. Wow, mau ngapain beli box segala. haha. Setelah di pasang rampung Si Beat menjadi lebih okeh, warna hitam dan merah mendominasi, membuatnya lebih berkarakter, plus lookingnya begaya-gaya sedikit pemudik atau tukang touring dengan tambahan box.

Kemudian..

Iseng-iseng melintas di toko variasi dan bengkel motor seputaran Jln. Gunung Agung, saya singgah untuk melihat beberapa part yang asik buat memperOkeh Si Beat, diantaranya lampu berprojecktor dengan LED, spakbor depan ala Beat karbu yang terlihat lebih sporty. Karena part spakbor ori Beat karbu kosong jadi saya pilihkan spakboar nya Ninja. Setelah diakalain ama mekanik bengkelnya, terpasanglah spakbornya. Sedikit membuat looking Si Beat lebih maco.

Lalu…

Melihat beberapa modifikasi ala-ala supermoto dan touring style, eh kayaknya enggak deh. Terlalu extremm rasanya, musti meninggikan motor segala. Cuma dipasang windshield masih okeh kiranya. Dan akhirnya kembali lagi ke bengkel yang kapan hari saya datangi untuk memasang windshield Honda PCX yang di custom dengan dipasang pada dudukan plat. Lalu plat dipasang dimana? Dudukan plat yang baru ditambahkan dibawah lampu depan di atas spakbor.

Syukurlah ini mekanik bengkel jagoan, mengakali variasinya. Saya rekomen banget ini bengkel, kalo mau variasi motor bisa ke Jaya Bely Motor di jalan Gunung Agung. Cari saja via google maps agar lebih presisi.

Akhirnya..

Rampung dululah untuk modifikasi ala ala touring untuk Si Beat, tinggal cari hari baik buat ngeGas ke Desa Pinggan, Kintamani Bangli untuk melihat sunrise. Hayook, kalo ada temen-temen Blogger mo touring mungkin kita bisa ngeGas bareng gitu. Hehe Segitu saja dulu cerita di Rumah Kedua kali ini, selamat ngeGas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *