Setangkai mawar untuk negeriku

Mendekati traffic light by pass Jln. Sunset Road, tepatnya perempatanJalan Imam Bonjol saya perhatikan dari balik jendela mobil, dua wanita sibuk membagi-bagikan sesuatu. Untunglah lampu lalin sedang menyala merah jadi saya bisa lebih dekat mengamati apa yang sedang dibagi-bagikannya.

Wow rupanya mawar merah yang sedang dibagi-bagikan pada pemotor dan mobil yang sedang menunggu antrian lampu hijau. Saya mulai mengira-ngira mengapa mereka membagikan bunga mawar tersebut. Terbesit dibenak saya apakah mungkinkah ini sebuah aksi damai? seperti yang marak belakangan ini.

Satu-persatu antrian mendapatkan bunga mawar dan akhirnya wanita tersebut mendekat. Sengaja saya membuka jendela agar bisa mendapat satu tangkai mawar merah.

“Hi Pak, ini mawar untuk NKRI”, begitu sapa wanita tersebut sambil memberiku setangkai mawar merah yang indah.

Kuperhatikan mawar tersebut ternyata ada label bertuliskan “Cinta NKRI, Bhineka Tunggal Ika”.

Yup benar saja ini adalah sebuah aksi damai, yang mengantarkan berita serta mengingatkan lagi tentang kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara yang terbentuk dari berbagai suku, agama, ras dan golongan serta semboyan kebhinekaan.

Saya mulai mengamati tulisan di label yang agak asing bagi saya “Anglow International Bali”, hmm ini apa yah? semacam ormaskah? entahlah.

Setibanya di kantor saya sempatkan googling tentang Anglow ini siapa. Setelah mengunjungi website resminya saya bisa katakan bahwa sponsor aksi mawar ini adalah sebuah Yayasan berbasis agama dan sepertinya memiliki jaringan di Bali? apakah ini misionaris? hmm entahlah. Terlepas apa maksud dan tujuan dari pemberian bunga mawar ini, aksi ini damai dan indah.

Semoga indahnya mawar merah yang saya terima hari ini mampu membuat hari saya jumat ini mewangi, dan kembali mengingatkan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah berpondasi dari perbedaan. Dan semoga saja semua orang yang kebagian mawar ini juga merasakan hal yang serupa, sehingga hari-hari kita senantiasa damai dan selalu bisa berdamai dengan yang namanya perbedaan.

Selamat berakhir pekan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *