Software Testing

Sebagai bagian dari SDLC (Systems Development Life Cycle), spesialisasi software testing pada cycle sebuah software development merupakan hal yang wajib ada dan dilakukan. Terlepas aktivitas test dilakukan oleh developer maupun individu atau tim tersendiri yang dibentuk dan memiliki tanggung jawab hanya untuk fokus kepada bagaimana sebuah produk software dibangun atau dikembangkan dan bekerja sesuai dengan apa yang menjadi harapan dari si pengguna software tersebut.

Dalam praktiknya, software testing bergantung kepada sejauh mana pengetahuan tentang produk software yang akan dibuat atau dikembangkan. Pengetahuan tersebut sepenuhnya berasal dari permintaan dari si empunya produk yang tertera dalam dokumentasi Software Requirement, pengetahuan dari produk serupa yang ada dikategori bisnis yang sama, serta tingkat ‘keingintahuan’ seorang tester untuk memastikan kemungkinan-kemungkinan tingkah laku pengguna software tersebut yang mungkin mengakibatkan produk software tersebut memberi respon yang tidak diinginkan.

Menunjang seorang software tester melakukan tugasnya maka dia biasa melengkapi dirinya dengan tools yang diantaranya adalah bug tracking dan test case management, serta pengetahuan tentang bahasa pemrograman tertentu yang diperlukan bila melakukan otomasi atau automation pada aktivitas testing.

Bila teman-teman baru saja memulai karir sebagai seorang software tester dan membutuhkan tools untuk latihan dalam membuat test case, test scenario, menyimpan bug yang ditemukan ataupun mengasah pengetahuan atau knowledge tentang software testing secara teori, saya telah menyiapkan beberapa tools yang bisa digunakan untuk belajar atau latihan.

Berikut adalah beberapa tools yang ada di sub-domain blog saya ini,

  • Test Case Management menggunakan TestLink
  • Bug Tracking menggunakan Mantis
  • Mock-up latihan terkait sertifikasi profesi berstandar ISTQB menggunakan LMS Moodle

Untuk akun masing-masing tools di atas bisa menghubungi saya via WA ada di blog saya ini.

Terima kasih dan selamat mencoba dan berlatih.