Website sedang tidur.

*** Setelah refresh halaman dashboard berkali-kali, dan eh ternyata websitenya sedang tidur***

Dari kemarin kembali lagi ngoprek WP, yah kebetulan lagi pengen mantain website Sekaa Teruna yang dulu saya host di UCoz. Sebenarnya gag ada masalah sih di host di UCoz, hostingan gratis domain juga gratis, cuma yang rada ngeselin kebanyakan iklan. Sana sini penuh iklan, akhirnya inisiatif agar di ijinkan memantain web Sekaa Teruna yang sudah lama melapuk.

Domain saya carikan yang berbayar biar lebih  okay, paling tidak domain nyaman dibaca. Kemudian cari hostingan gratis.

Saya ingat dahulu beberapa web saya host di Hostinger yang memberikan space free, walaupun ada beberapa limitasi namun sangat pas untuk keperluan sosial dan belajar. Dan itupun di warnai lupa password, syukur bisa di recover tapi tanpa disangka eh paket free Hostinger sudah tidak berlaku, dan semua berbayar. Widih.

Akhirnya saya cek 000webhost yang dulu seingat saya juga memberikan space free untuk hosting, hanya saja waktu itu sangat jelimet proses registrasi dan setupnya.

Eh ternyata 000webhost masih menyediakan host gratis, walaupun mereka menitip banner kecil dibagian footer web, yah saya kira masih relevantlah dari pada iklannya UCoz.

Setelah lama tak bersentuhan dengan setup host, buat park domain trus setup DNS akhirnya, jreng jreng website up and running.

Namun tiba-tiba saking asiknya ngoprek konten web, tiba-tiba website slow respon. Dan berujung seperti gambar dibawah ini

Ahh rupanya website tertidur, kemudian saya cek dashboard betul rupanya untuk program free itu ada sleeping time 1 jam setiap harinya. Semisal gag mau sleeping-sleepingan yah kudu update ke berbayar.

Mau gag mau kudu menunggu sampai websitenya terbangun baru bisa ngoprek lagi. Tapi untuk host gratisan saya rasa sangat okay, walau ada sleeping time ada banner kecil semua masih dapat di tolerir, toh itu free, dan hampir semua fitur dari hostingnya ada, sangat baik buat yang baru belajar.

Sambil menunggu web terbangung lumayan ada topik buat blog. haha, selalu ada hikmah dalam tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *