“Turn Back Covid-19” tetap produktif dan efektif bekerja di rumah

Dikala merebaknya kasus Covid-19 atau virus corona di Indonesia serta anjuran pemerintah agar masyarakat bekerja seperti biasa namun dari rumah, untuk bebeberapa sektor pekerjaan yang sudah menerapkan bekerja dari rumah tentu saja sudah terbiasa, namun tidak semua dari masyarakat bisa dan terbiasa produktif dari rumah.

Pada post kali ini saya sedikit berbagai tips bagaimana kita bisa melewati masa-masa dimana harus bekerja dari rumah dan tentu saja produktif, berikut beberapa tips nya:

1. Jam kerja seperti biasanya

Bekerja di rumah maupun di kantor tidak akan mempengaruhi jam kerjamu, tetaplah pada jam kerja normal pada biasanya di kantor.

2. Pisahkan jam untuk bekerja dan jam untuk keperluan pribadi

Tantangan tersendiri untuk para pekerja dengan anak-anak di rumah, pastikan kita tau berapa menit waktu yang kita gunakan untuk mengerjakan pekerjaan pribadi, misal angkat galon, angkat jemuran, dan lain-lain. Acuannya adalah durasi jam normal kita biasa bekerja agar produtivitas dan hasil tetap sama.

3. Rencanakan pekerjanmu

Disinilah rasa tanggung jawab akan pekerjaan menjadi penting, apa yang saya akan kerjakan dan harus selesaikan. Tanpa harus di awasi dan di colek dulu baru fokus bekerja. Jika anda tipikal diketok dulu baru bekerj maka bekerja dari rumah dengan minim pengawasan atasan akan menjadi tantangan tersendiri bagimu.

4. Perhatikan jam istirahat

Beberapa tugas pada jenis pekerjaan tertentu memerlukan tingkat konsentrasi yang tinggi dan musti minim gangguan agar tidak memecah konsentrasi. Terkadang kalo di kantor ada teman yang mencolek untuk makan siang misalnya yang membuat kita ingat bahwa saatnya jam rehat, namun kalo bekerja di rumah kamu harus ingat kapan waktu untuk berhenti.

5. Berpakainlah selayaknya bekerja di kantor

Terkadang bagaimana cara kita berpakaian atau menata diri akan mempengaruhi cara dan hasil bekerja. Berpakaian sewajarnya bila perlu sebagaimana bekerja di kantor akan membawa rasa yang berbeda, ketimbang hanya pake kolor dan kaos dalam. Cobalah !

6. Buat tempat tersendiri untuk bekerja

Durasi pada umumnya bekerja adalah 8 jam sehari dengan beberapa waktu istirahat, posisi duduk, tangan di meja akan sangat mempengaruhi bagaimana badan bertahan bekerja untuk beberapa jam. Buat posisi bekerja sebagaimana kamu bekerja di kantor.

7. Batasi diri dengan kegiatan sekitarmu

Masih terkait poin 6 di atas. Bila aktifitas lainnya juga berada pada tempat bekerjamu maka akan sulit sekali untuk mendapatkan hasil kerja yang sama dengan di kantor. Anda yang membuat aturan untuk anda sendiri agar tidak terganggu dengan lingkungan sekitar.

8. Lakukan tugas janitor secara mandiri

Bersihin meja, lantai bekerja, bikin kopi dan siapkan semua keperluanmu sendiri.

9. Lengkapi fasilitas bekerjamu

Bila kamu memerlukan fasilitas penunjang untuk meningkatkan produktivitas maka siapkanlah, speaker, headset, aroma terapi, dual monitor dan sebagainya. Kamu tau apa yang anda butuhkan.

10. Status yang sebenarnya pada media komunikasi

Setiap perusahaan memiliki peratudan dan budaya bekerja yang berbeda-beda. Bila kamu bekerja pada perusahaan dimana  status atau keberadaan anda pada saat bekerja bisa diatur maka buatlah status yang sebenarnya. Misal bila menggunakan appliksi messaging Slack, manfaatkan fitur Status yang tersedia pada applikasi tersebut sehingga rekan kerjamu bisa menghubungi dan tau pasti bahwa kamu sedang di tempat.

Yak mungkin itu saja yang bisa saya bagi, dari pengalaman bekerja dari rumah 10 poin di atas saya rasakan sendiri dimana produtivitas dan efektifitas dalam bekerja. Salam dari Rumah Kedua

3 thoughts on ““Turn Back Covid-19” tetap produktif dan efektif bekerja di rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *